Inilah Bentuk Kids Zaman Now dan Kelakuan Mereka di Medsos


Istilah “kids zaman now” belakangan viral. Kata ini digunakan untuk menyebut kelakuan anak zaman sekarang yang tingkahnya bikin geleng kepala orang tua.

Kids zaman now tidak malu-malu menunjukkan aksi bak orang dewasa di media sosial. Anak-anak SD tak malu berpacaran bahkan menunjukkan foto berpelukan, berciuman, bahkan menggunakan panggilan “Mama-Papa”.

Ketika putus atau patah hati, mereka curhat di medsos, mengunggah foto sedang menangis, memaki-maki mantan, hingga mengganti nama panggilan dengan “Duda-Janda”.


Kehidupan kids zaman now tidak bisa dipisahkan dari media sosial. Selain eksis dan ekspresif di medsos, persoalan hidup mereka tidak jauh-jauh dari medsos.

Ada yang bertengkar karena akun Instagramnya tidak diikuti balik oleh temannya, panik karena jumlah pengikut tak kunjung meningkat, sempat pula beredar video sekelompok remaja bertengkar hanya karena persoalan foto Facebook yang tidak di-tag.



Kami pun tergelitik ketika menyaksikan seorang peserta kompetisi stand-up comedy berusia 10 tahun mengaku sulit berkonsentrasi lantaran akun Instagramnya diretas orang.

Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo S.Psi, menyebut, medsos menjadi alat bagi anak untuk mencari perhatian dan mendapatkan respons dari lingkungan.



“Anak, khususnya yang memasuki usia pubertas, butuh teman bicara yang mau mendengar, memberi perhatian, dan menerima mereka apa adanya. Hal ini bisa didapatkan dari medsos. Dahulu mungkin ada buku diary, namun sekarang muncul medsos yang fungsinya sama dengan buku diary. Bedanya, medsos bisa dibaca banyak orang dan memberi respons balik untuk anak,” urai Vera.

Medsos memberi keleluasaan dan kebebasan—yang didambakan anak—untuk berekspresi, apalagi mereka merasa medsos adalah dunia mereka karena mereka mengakses dengan gawai pribadi. “Ini yang menyebabkan mereka tidak sadar, medsos sebenarnya ranah publik,” Vera memperingatkan.

Sebegitu pentingnyakah medsos bagi kids zaman now?

– Dikutip dari Aura.co.id
Inilah Bentuk Kids Zaman Now dan Kelakuan Mereka di Medsos Inilah Bentuk Kids Zaman Now dan Kelakuan Mereka di Medsos Reviewed by DAUN UANG on November 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.